Kamis, 15 Juli 2010

KONFIGURASI MIKROTIK ( MANAJEMEN BANDWIDTH )


1.SEPUTAR MIKROTIK
MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.


sejarah singkat mikrotik

MikroTik adalah sebuah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah seorang berkewarganegaraan Amerika yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia ia bejumpa dengan Arnis, Seorang darjana Fisika dan Mekanik sekitar tahun 1995.

John dan Arnis mulai me-routing dunia pada tahun 1996 (misi MikroTik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless-LAN (WLAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova, negara tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia. Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (W-ISP), tetapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Latvia hanya merupakan tempat eksperimen John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar 400 pengguna.

Linux yang pertama kali digunakan adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama denag bantuan 5-15 orang staff Research and Development (R&D) MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Menurut Arnis, selain staf di lingkungan MikroTik, mereka juga merekrut tenega-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan MikroTik secara marathon.


winbox
Winbox adalah sebuah utility yang digunakan untuk melakukan remote ke server mikrotik kita dalam mode GUI. Jika untuk mengkonfigurasi mikrotik dalam text mode melalui PC itu sendiri, maka untuk mode GUI yang menggunakan winbox ini kita mengkonfigurasi mikrotik melalui komputer client.

Mengkonfigurasi mikrotik melaui winbox ini lebih banyak digunakan karena selain penggunaannya yang mudah kita juga tidak harus menghapal perintah-perintah console. Untuk mendapatkan winbox anda bisa mendownloadnya atau bisa juga mendapatkan dimikrotik anda.

Kualitas Pelayanan (QoS) berarti bahwa router harus memprioritaskan dan membentuk lalu lintas jaringan. QoS tidak membatasi, ini lebih pada penyediaan kualitas.

Berikut ini adalah beberapa feature dari mekanisme Kontrol Bandwidth MikroTik
RouterOS:
1. Membatasi tingkat data untuk alamat-alamat IP tertentu, subnet, protokol, port.
2. Memprioritaskan beberapa arus paket.
3. Menggunakan antrian untuk mempercepat browsing WEB.
4. Menerapkan antrian pada interval-interval waktu yang pasti.
5. Berbagi lalu lintas yang tersedia diantara para pengguna secara adil, atau tergantung pada muatan saluran.



jenis-jenis mikrotik
1. Mikrotik yang berbentuk software dan bisa di download secara gratis di www.mikrotik.com
2. Built-in hardware mikrotik dalam bentuk perangkat keras yang dikemas dalam board router yang didalamnya sudah terinstal mikrotik.



2.SETTINGAN KONFIGURASI BANDWIDTH
untuk awal nya,lebih baik kita lihat topology jaringan nya terlebih dahulu,adapun rancangan mikrotik nya akan kami rancang pada topology jaringan seperti berikut:








seperti gambar di atas kita membagi 2 kelompok,kelompok pertama dengan IP router 192.168.10.0 dan kelompok ke dua dengan IP router 192.168.20.0.
Pada kesempatan kali ini saya berada pada kelompok 2,yaitu dengan IP 192.168.20.0,Pada jaringan ini digunakan 2 buah interface yaitu "private" dan "public". Private yaitu interface yang terhubung ke internet sedangkan public merupakan interface yang terhubung ke switch PC (setiap PC menggunakan ip static 192.168.20.0/24,seperti di tunjukkan pada gambar berikut:

untuk private:










untuk public:










Setelah itu kita lihat pada halaman interface apakah interface yang kita buat tadi sudah ada atau belum,cek pada bagian IP - address list apakah interface yang tadi sudah tampil,kita pastikan pada bagian public terdapat tanda D yakni dynamic yang mana Ip tersebut yang akan terhubung langsung dengan internet diluar,yang mana internet yang bagian luar akan mengenali IP pada bagian public saja, ip dynaimc ini didapatkan dari setting DHCP CLIENT dan hasilnnya seperti kita lihat pada gambar berikut:










Setelah itu,pensetting NAT Rule perlu dilakukan. NAT atau network address translation adalah sesuatu yang bisa membuat single device seperti router untuk berfungsi seperti sebuah agen antara internet (public network) dan sebuah jaringan local(private network).ini artinya ada sebuah IP address yang unik yang diperlukan untuk mempresentasikan keseluruhan grup computer terhadap apapun yang ada diluar jaringan mereka.

Pada kesempatan kali ini,NAT yang sering dipakai biasanya adalah tipe masquerading yang merupakan suatu teknik menyembunyikan seluruh ruang alamat IP, dibelakang alamat IP lain. tipe ini biasanya diimplementasikan dalam suatu perangkat routing yang menggunakan stateful table terjemahan dari address yang tersembunyi kealamat IP tunggal dan kemudian readdress yang keluar dari Internet Protocol (IP) tampaknya berasal dari router.

Dan Tipe NAT yang digunakan adalah masquerading yang merupakan suatu teknik menyembunyikan seluruh ruang alamat IP, dibelakang alamat IP lain. Mekanisme ini biasanya diimplementasikan dalam suatu perangkat routing yang menggunakan stateful table terjemahan dari address yang tersembunyi kealamat IP tunggal dan kemudian readdress yang keluar dari Internet Protocol (IP) tampaknya berasal dari router.
Dimana konfigurasi nya seperti langkah berikut:






























3.SHAPPING BANDWITDTH

Bandwidth Shaping merupakan suatu proses pengontrolan bandwidth pada user. Jika ada user yang menggunakan bandwidth yang melebihi batas maka dengan shapping bandwidth ini kita dapat menghukum user itu dengan menurunkan jatah bandwitdh sesuai dengan yang kita seting. Proses ini biasanya digunakan dengan Internet Service Providers (ISP), dimana akan digunakan sebuah tool yang biasanya digunakan untuk membatasi atau mengatur pemakaian bandwidth oleh user. Sebuah ISP boleh menggunakan bandwidth shaping untuk membatasi kemampuan seorang user untuk mengambil alih kontrol terlalu besar untuk internet gateway. Bandwidth shaping biasanya juga sering disebut bandwidth allocation atau bisa diartikan sebagai tool bandwidth management.
Langkah-langkah untuk pengaturan shapping bandwitdh adalah sebagai berikut
1. Klik menu Queues ==> Queues Tree, kemudian klik tanda (+) merah
maka akan muncul tampilan sebagai berikut:











Nama korban : Dicky
Target address : 192.168.20.4 , yaitu IP address yang akan di shapping bandwidth-nya
Max limit upload dan download : 64 kbps (sesuai keinginan)
"Max-limit merupakan batas maksimal bandwidth yang dapat digunakan oleh computer yang sudah dikenakan limitasi."
Burst threshold : 128 kbps (sesuai keinginan)
"Burst Threshold merupakan batasan bandwidth untuk korban"
Burst time : 2










gambar diatas merupakan trafik pemakaian bandwitdh oleh user yang telah fitentukan tadi, user ini menggunakan bandwitdh melebihi batas (128kbps), bisa dilihat dari keterangan gambar diatas, maka secara otomatis limit bandwitdh user ini akan diturunkan menjadi 64 kbps.











bisa dilihat bahwa bandwitdhnya diturunkan menjadi 60kbps.
sedangkan saat user ini menggunakan bandwitdh tidak melebihi 128kbps maka bandwitdh user ini akan diturunkan.










dari traffic diatas dapat dilihat bahwa ketika kita telah melakukan browsing melabihi kapasitas kuota yang diberikan maka secara otomatis bandwith kita itu akan diturunkannya sesuai dengan batas max bandwith/kapasitas yang diberikan.




REFERENSI

  1. http://dimas-ehm.blogspot.com/2009/07/pengertian-mikrotik.html
  2. http://idzole32onthenet.wordpress.com/2008/08/04/nat-pada-mikrotik/
  3. [DOC] tutorial mikrotik step by step
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Network_address_translation
  5. http://silabus.upi.edu/upload/A1021-k089-mudjibasuki-nat.pdf
  6. http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/ropik-mikrotik.pdf
  7. http://anwaralhafizh.blogspot.com/2010/02/pengertian-rsvp-dan-bandwidth-shaping.html
  8. http://id.wikipedia.org/wiki/Network_address_translation
  9. http://adi-neo.blogspot.com/2009/05/manajemen-bandwidth-pada-mikrotik.html
  10. http://www.rezitatkj2.co.cc/2010/06/winbox-winbox-adalah-sebuah-utility.html

1 komentar: